BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Kualitas kehidupan
bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat
penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka, dan
demokratis. Oleh karena itu, pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan
untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional.
Kemajuan suatu
bangsa hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Upaya
peningkatan mutu pendidikan itu diharapkan dapat menaikkan harkat dan martabat
manusia Indonesia. Untuk mencapai itu pendidikan harus adaptif terhadap
perubahan zaman.
Memasuki Abad
ke-21 ini, keadaan SDM kita sangat tidak kompetitif. Menurut catatan Human Development Report Tahun 2003
versi UNDP, peringkat HDI (Human Development Index) atau kualitas Sumber Daya
Manusia Indonesia berada di urutan 112. Indonesia berada jauh di bawah Filipina (85),
Thailand (74), Malaysia (58), Brunai Darussalam (31), Korea Selatan (30),
Singapura (28). Organisasi Internasional yang lain juga menguatkan hal itu. International Education Achivement (IEA)
melaporkan bahwa kemampuan membaca siswa SD di Indonesia berada pada urutan 38
dari 39 negara yang di survei. Sementara itu, Third Matematics and Society Study (TIMSS), lembaga yang mengukur
pendidikan di dunia, melaporkan bahwa kemampuan matematika siswa SMP kita
berada pada urutan ke-34 dari 38 negara, sedangkan kemampuan IPA berada di
urutan ke-32 dari 38 negara. Jadi, keadaan pendidikan kita memang
memprihatinkan. Untuk itu pembaharuan harus dilakukan.
Permasalahan
ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah mutu kesehatan yang
rendah di masyarakat Indonesia. Kepedulian terhadap kesehatan ternyata masih
sangat kurang. Hal ini harus di waspadai sebagai bentuk ancaman yang serius
terhadap perkembangan anak didik sebagai penerus generasi bangsa.
Anak
usia sekolah adalah investasi bangsa, karena mereka adalah generasi penerus
bangsa. Kualitas bangsa di masa depan ditentukan kualitas anak-anak saat ini.
Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia harus dilakukan sejak dini,
sistematis dan berkesinambungan.
Tumbuh
berkembangnya anak usia sekolah yang optimal tergantung pemberian nutrisi dengan kualitas dan
kuantiĆtas yang baik serta benar. Selain itu memperkenalkan anak pada olahraga
sejak dini juga dapat membantu mempercepat perkembangan anak lebih sehat. Dalam
masa tumbuh kembang tersebut pemberian nutrisi dan olahraga merupakan tanggung
jawab bersama antara orang tua dan guru disekolah. Kerjasama orang tua siswa
dengan sekolah akan sangat membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Pelajaran
jasmani merupakan materi pendidikan yang menyangkut ilmu kesehatan dan olah
fisik di sekolah. Pelajaran ini bertujuan untuk membangun kesehatan mental dan
fisik siswa. Pencapaian prestasi akademis di bangku sekolah tanpa ditunjang
dengan mental dan fisik yang sempurna mustahil dapat dicapai.
Permasalahan yang
sering timbul di sekolah adalah kurangnya motivasi siswa untuk giat mengikuti
pelajaran olahraga. Siswa enggan mengikuti latihan – latihan olahraga yang
diselenggarakan oleh guru karena mereka menganggap latihan – latihan tersebut
melelahkan. Mereka lebih senang tinggal di kelas dengan berbagai alasan
daripada bermain di lapangan.
Berdasarkan uraian
diatas, peneliti ingin memilih judul penelitian, “ Penerapan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran Penjaskes Untuk
Meningkatkan Teknik Bermain Bola Tangan Pada Siswa……….. Tahun Pelajaran…………”
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang diatas maka dirumuskan suatu masalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana
peningkatan prestasi belajar pendidikan
jasmani bagi siswa dengan diterapkannya metode
inkuiri ?
2.
Bagaimanakah
pengaruh metode inkuiri terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani pada siswa ?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan diatas, penelitian ini
bertujuan untuk:
1. Mengetahui peningkatan prestasi belajar pendidikan
jasmani pada siswa setelah diterapkan metode
inkuiri
2. Mengetahui pengaruh motivasi belajar
pendidikan jasmani terhadap Permaianan
Teknik Bola tangan pada siswa setelah diterapkan metode inkuiri
D. Manfaat Penelitian
Penulis
mengharapkan dengan hasil penelitian ini dapat:
1. Memberikan informasi tentang model
pembelajaran yang sesuai dengan mata diklat Penjas.
2. Meningkatkan motivasi pada pelajar Penjas
3. Mengembangkan model pembelajaran yang
sesuai dengan mata diklat Penjas.
ATAU HUBUNGI KAMI