BAB I
PENDAHULUAN
- Latar
Belakang
Secara garis besar, materi pelajaran Matematika di
kelas V sekolah dasar dapat digolongkan menjadi 3 bagian, yaitu bilangan, geometri
dan pengukuran. Materi bilangan, peserta didik dituntut mampu melakukan operasi
hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan
masalah. Sedangkan materi pembelajaran geometri dan pengukuran, peserta didik
dituntut mampu menghitung jarak, waktu, berat, luas volum, dan sifat-sifat
bangun datar.
Prestasi belajar peserta didik kelas V SD 1
........................ dalam mengikuti pembelajaran Matematika rendah. Banyak
materi pembelajaran yang belum dapat dicapai secara tuntas. Konsep materi
pelajaran bangun datar belum dikuasai secara mendalam. Peserta didik merasa
berkesulitan dalam menghitung luas dan menentukan sifat-sifat bangun datar.
Di samping itu, guru kurang bervariasi dalam
menyampaikan materi pelajaran tentang bangun datar. Sering terjadi anggapan
oleh guru bahwa materi yang diajarkan sangat mudah sehingga penyajian materi
pelajaran bangun datar cukup hanya dengan cerita. Peserta didik hanya sebagai
pendengar. Peserta didik pasif, kurang tertarik terhadap materi pembelajaran
yang disampaikan oleh guru. Materi pembelajaran disampaikan secara abstrak.
Banyak upaya untuk mengatasi kendala yang ada. Salah
satu usaha untuk mengatasi berbagai kesulitan pembelajaran dengan materi
pelajaran bangun datar di kelas V adalah model pembelajaran STAD dengan
menggunakan alat bantu MBDW (Model
Bangun Datar Warna-warni). Model-model bangun datar tersebut merupakan upaya
konkritisasi dari bentuk abstrak bangun datar. Dengan alat bantu model bangun
datar tersebut, peserta didik dapat menyerap materi pelajaran dari guru sesuai
dengan perkembangan daya nalarnya.
- Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah dalam
penelitian dapat dirumuskan, sebagai berikut.
- Apakah pembelajaran dengan metode STAD dan alat
bantu MBDW menyenangkan?
- Apakah pembelajaran dengan metode STAD dan alat
bantu MBDW efektif?
- Tujuan
Penelitian tentang pembelajaran bangun datar dengan
alat bantu model bangun datar ini bertujuan, sebagai berikut.
- Mendeskripsikan proses pembelajaran bahwa dengan
metode STAD dan alat bantu MBDW menyenangkan.
- Mendeskripsikan efektivitas pembelajaran dengan
metode STAD dan alat bantu MBDW.
- Manfaat
Manfaat dari hasil penelitian ini, sebagai berikut.
- Bagi guru
a.
Sebagai bahan perbaikan pembelajaran yang dikelolanya,
sehingga proses dan hasil dari pembelajaran mengalami peningkatan.
b.
Sebagai wahana dalam peningkatan profesionalitas guru
karena mampu menilai dan memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya.
c.
Sebagai wahana penumbuhan rasa percaya diri bagi guru.
- Bagi peserta didik
a.
Peserta didik meningkatkan prestasi belajarnya.
b.
Peserta didik dapat mengikuti pembelajaran yang menarik.
- Bagi sekolah
a.
Memiliki guru yang profesional dalam mengelola
pembelajaran di depan kelas.