BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Penelitian
Telah disadari bersama dalam era pembangunan jangka panjang yang telah dilaksanakan pemerintah republuk
Indonesia ini dalam rangka mengembang amanat Proklamasi Kemerdekaan, khususnya
bidang pendidikan dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 pada alenia ke empat
telah dinyatakan turut mencerdaskan kehidupan bangsa. Sejalan dengan hal
tersebut sistem Pendidikan Nasional juga telah
menetapkan dengan Undang-undang No. 20 tahun 2003.
Dengan demikian pendidikan menempati skala perioritas dalam pembangunan,
untuk menghasilkan dan mewarisi generasi yang berkualitas, tujuan pendidikan
digariskan sebagai berikut :
Pendidikan
Nasional berdasarkan Pancasila bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia
Indonesia yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, kerja keras, tanggung
jawab, tangguh, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani.
Pendidikan Nasional juga harus mampu menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta
tanah air, mempertebal semangat kebangsaan dan rasa cinta kesetiakawanan
nasional. Sejalan dengan itu dikembangkan iklim belajar dan mengajar yang dapat
menumbuhkan rasa percaya diri sendiri serta sikap dan perilaku yang inovasi dan
konduktif serta kreatif. ( GBHN, 2004:
59 ).
Oleh karena itu Pemerintah selalu berupaya untuk
memajukan dan meningkatkan bidang Pendidikan tersebut.
Pendidikan pada hakekatnya adalah untuk
membentuk tunas-tunas muda yang cakap, trampil dalam ikut melaksanakan
cita-cita bangsa. Sudah barang tentu tunas-tunas muda harus mempunyai
keseimbangan atau keharmonisan dalam hidupnya, antara kebutuhan jasmani dan
kebutuhan rohani.
Anak didik secara umum yang duduk di bangku
Sekolah Dasar masih dalam taraf perkembangan fisik maupun non fisik.
Perkembangan fisik pada anak memerlukan perhatian khusus, perhatian ini
meliputi kebutuhan gizi, kesehatan, keberhasilan linhkungan dan yang terpenting
adalah energi yang dibutuhkan.
Partisipasi dan peranan pengawas sekolah sebagai Pembina bagi pelaku
pendidik di sekolah ini sangatlah
menentukan, karena pekembangan tersebut dialami secara bertahap-tahap sehingga pengawas sekolah harus mampu menyesuaikan
kebutuhan baik sarana maupun prasarana bagi perkembangan dan kemajuan sekolah
tersebut. Dengan perkembangan fisik anak yang berjalan dengan normal akan
berpengaruh juga dalam perkembangan non fisik.
Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah atau lazim
disebut dengan pembinaan UKS ditujukan untuk membina dan membimbing guru
agar mampu menjaga kesehatan untuk dirinya sendiri, para staf sekolah
serta siswa maupun untuk lingkungan di sekitar sekolah artinya keberhasilan daripada Pendidikan Usaha
Kesehatan Sekolah akan bermanfaat bagi guru dan siswa. Pembinaan Pendidikan
Usaha Kesehatan Sekolah bukanlah tangung jawab sekolah semata namun juga
tanggung jawab supervisor kependidikan. Dengan demikian perhatian dan
bimbingan dari pengawas sekolah akan
lebih berpengaruh terhadap pelaksanaan kesehatan pada diri anak dan guru serta
staf di sekolah. Selain itu peran
pengawas sekolah juga dituntut aktif dalam ikut menunjang keberhasilan dari
kegiatan belajar mengajar yang dilakukan
oleh guru di kelas.
Berdasarkan pemikiran diatas, maka terdorong keinginan penulis untuk selaku
pengawas sekolah, di sini di plot sebagai observer dalam kegiatan penelitian
tindakan sekolah, mengadakan penelitian
tentang Pengaruh peran aktif pengawas sekolah terhadap Keberhasilan
pembinaan Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah yang di selenggarakan di Sekolah
Dasar Negeri ___________ Kecamatan
___________ Kabupaten ______ Propinsi
___________ pada tahun pelajaran
____/____.
B. Rumusan Masalah Penelitian Tindakan Sekolah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah penelitian
ini adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana pelaksanaan Pembinaan Pendidikan
Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar
Negeri _______ Kecamatan _______ Kabupaten _______ Propinsi _______ pada tahun pelajaran _____
/____ ?
2. Bagaimana pengaruh partisipasi aktif Pengawas Sekolah terhadap keberhasilan
Pembinaan Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah di
Sekolah Dasar Negeri _______
Kecamatan _______ Kabupaten
_______ Propinsi _______ pada tahun
pelajaran _____ /____ ?
C. Tujuan Penelitian Tindakan
Sekolah
1. Tujuan Umum
a. Untuk melaksanakan salah satu tugas kepengawasan di tingkat pendidikan
TK/SD
b. Untuk mendapatkan sekaligus memberikan wawasan keilmuan yang
lebih luas serta arahan yang jelas bagi pembinaan pendidikan
UKS di sekolah
c. Diharapkan berguna bagi perkembangan pendidikan dalam rangka memberi
gambaran informasi bagaimana partisipasi
dan peran aktif dalam meningkatkan keberhasilan Usaha Kesehatan sekolah.
1.
Tujuan Khusus
Untuk
mendapatkan data empairis tentang adanya
sugesti positif partisipasi aktif
pengawas sekolah dalam rangka program pembinaan
Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Negeri _______ Kecamatan _______ Kabupaten _______ Propinsi _______ pada tahun pelajaran _____
/____ .
SILAHKAN HUBUNGI KAMI :