BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH PTS
Penemuan-penemuan baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan
teknologi telah membawa pengaruh yang besar dalam bidang pendidikan. Akibat
dari pengaruh tersebut telah mendorong berbagai usaha pembaharuan untuk meningkatkan
mutu pendidikan.
Sehubungan dengan masalah tersebut diatas, maka dalam
pelaksanaan pendidikan dibutuhkan tenaga pendidik (guru) yang memiliki
kemampuan dan kecakapan didalam proses belajar mengajar :
Kemampuan
dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam melaksanakan proses belajar
mengajar menurut Syaiful Bahri Djamara (1998 : 58 – 129) adalah sebagai berikut
:
a. Kemampuan
menguasai bahan yang diajarkan
b. Kemampuan
mengelola kelas
c. Kemampuan
mengelola proses belajar mengajar
d. Kemampuan
menggunakan media
e. Kemampuan
menguasai landasan-landasan kependidikan
f. Kemampuan
mengelola interaksi belajar mengajar
g. Kemampuan menilai
prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran
h. Mengenal fungsi
dan program bimbingan dan penyuluhan
i. Mengenal dan
menyelenggarakan administrasi sekolah
j. Memahami
prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitian pendidikan guna kepentingan
pengajaran
Dari uraian tersebut sudah jelas bahwa kehadiran media dalam
proses belajar mengajar mempunyai peranan penting untuk membantu memperkaya
wawasan anak didik serta mencapai tujuan pembelajaran.
Aneka
macam bentuk dan jenis media pendidikan menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi
anak didik.
Beberapa
prinsip yang harus diperhatikan pada saat menggunakan media menurut Nana
Sudjana (1991 : 104) adalah :
1. Menentukan
jenis media dengan tepat artinya harus sesuai dengan tujuan dan bahan pelajaran
2. Menetapkan atau
memperhitungkan subyek dengan tepat artinya harus disesuaikan dengan tingkat
kematangan/kemampuan anak didik
3. Menyajikan media
dengan tepat artinya teknik dan metode penggunaan media dalam pengajaran harus
disesuaikan dengan tujuan, bahan, metode, waktu dan sarana yang ada.
4. Menempatkan atau
memperlihatkan media pada waktu, tempat dan situasi yang tepat.
Oleh karena itu dalam penggunaan media untuk mencapai tujuan
yang efektif dan efisien harus memperhatikan prinsip tersebut. Penggunaan media
secara tepat akan membantu mengurangi verbalisme, agar guru bidang studi IPS
dan anak didik mudah memahami bahan pelajaran yang disajikan. Keberhasilan
kegiatan belajar mengajar dapat diketahui dari hasil kinerja guru selama KBM
dan belajar siswa melalui angket dan kuisioner serta evaluasi hasil belajar.
Mengingat pentingnya penggunaan media dalam proses belajar
mengajar, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tindakan sekolah yang berhubungan dengan
media, yang lebih khususnya adalah pengaruh penggunaan media Presentasi Power
Point terhadap hasil kinerja guru selama proses belajar megajar di
SDN ________ Kecamatan ________ Kabupaten ______ Propinsi ___________.
B. RUMUSAN MASALAH PTS
Berdasarkan tema tersebut penulis berpendapat
bahwa, “…adakah pengaruh Media Presentasi Power Point dalam menunjang keberhasilan guru mengajar
IPS dan meningkatkan hasil prestasi belajar siswa di SDN _____
Kecamatan ______ Kabupaten
_______ ? ”.
C. HIPOTESIS TINDAKAN SEKOLAH
Hipotesis adalah dugaan sementara
terhadap permasalahan penelitian yang kebenarannya perlu dibuktikan melalui
data yang terkumpul.
Berdasarkan
rumusan masalah tersebut diatas, maka peneliti selaku penulis mempunyai
hipotesis sebagai berikut :
“Ada pengaruh penggunaan media Presentasi
Power Point terhadap hasil belajar siswa
kelas V SDN _____ Kecamatan ______ Kabupaten _______ Tahun Pelajaran
___/____ sebagai upaya efektif belajar
IPS”.