BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
RPS merupakan
dokumen tentang gambaran kegiatan
sekolah dimasa depan maupun sekarang dalam rangka untuk mencapai tujuan
sekolah yang telah ditetapkan. RPS penting dimiliki oleh sekolah yang bertujuan
untuk memberikan arah dan bimbingan para pelaku sekolah dalam rangka mencapai
tujuan sekolah untuk memperkecil resiko dan mengurangi ketidakpastian masa
depan. Perencanaan sekolah merupakan suatu proses untuk menentukan tindakan
masa depan sekolah yang tepat melalui urutan pilihan, dengan memperhitungkan
sumber daya yang tersedia.
Kepala Sekolah
memiliki peran yang sangat kuat dalam mengkoordinasikan semua sumber daya
pendidikan yang tersedia. Kepemimpinan Kepala Sekolah merupakan salah satu
faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan Visi, Misi, Tujuan
dan Sasaran Sekolah melalui program program yang dilakukan secara berencana dan
bertahap. Oleh
karena itu Kepala Sekolah dituntut memiliki kemampuan kemampuan manajemen dan
kepemimpinan yang tangguh agar mampu mengambil keputusan dan inisiatif / prakarsa
untuk meningkatkan mutu sekolah.
Tugas dan fungsi
Kepala sekolah adalah mengelola penyelanggaraan Manajemen Berbasis Sekolah ( MBS ) di sekolah masing masing , mengingat
sekolah merupakan unit terdepan dalam penyelenggaraan MBS , salah satu tugas Kepala
Sekolah adalah menyusun Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ). Hal ini sesuai
dengan Manajemen Berbasis Sekolah bahwa, Kepala Sekolah menjalankan salah satu
tugas dan fungsinya adalah menyusun Rencana dan Program Pengembangan Sekolah
dengan melibatkan semua unsur antara lain : Kepala Sekolah, Wakil Kepala
Sekolah, Guru, Tata Usaha, Wakil Siswa ( Osis ) Waki orang tua siswa, Wakil
Organisasi profesi, Wakil Pemerintah dan
Tokoh masyarakat ( Depdiknas, tahun 2003 : 29 )
Panduan
pelaksanaan Workshop Pendayagunaan MBS Kecamatan / Kota dalam penyusunan
Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ) Non DBEP menjelaskan bahwa ; Salah satu
upaya meningkatkan Manajemen Berbasis Sekolah yang diminta Kepala Dinas Dikbud
Kota . adalah Sekolah mampu
Menyusun Rencana
Pengembangan Sekolah (RPS ) sehingga asas transparansi,
akuntabilitas dan bekerja berdasarkan rencana dapat tercapai ( Depdikbud Kota .,
tahun 2002 )
Namun dalam
kenyataan di lapangan masih banyak Kepala Sekolah belum menyusun Rencana
Pengembangan Sekolah disebabkan oleh beberapa hal antara lain : (1) Kepala
Sekolah sebagai pemimpin belum memahami secara tuntas tentang Penyusunan
Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ) sebagai akibat kekurangan informasi yang didapat.
(2) Tugas Kepala Sekolah utamanya di ........sangat komplek mengingat di ........tidak
memiliki staf Tata Usaha, (3) Sementara ini Kepala Seklolah menyelenggarakan
pendidikan di sekolah tidak berdasarkan perencanaan yang jelas ( tidak memiliki
RPS khususnya sekolah non DBEP ).
Berdasarkan
informasi dan pengamatan di lapangan secara langsung bahwa Kepala ........yang
ada di ........ belum memahami dan mampu menyusun Rencana Pengembangan Sekolah
( RPS ) maka perlu dilakukan upaya peningkatan kemampuan Kepala Sekolah dalam
menyusun Rencana Pengembangan Sekolah melalui workshop.
B.
Identifikasi Masalah.
Sebagaimana
telah diuraikan di depan bahwa Kepala Sekolah memiliki peran yang sangat kuat
dalam mengkoordinasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia.
Kepemimpinan Kepala Sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong
sekolah untuk dapat mewujudkan Visi, Misi , tujuan dan sasaran sekolah melalui
program program yang dilakukan secara berencana dan bertahap. Oleh karena itu
Kepala Sekolah dituntut memiliki kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang
tangguh agar mampu menghasilkan keputusan dan prakarsa untuk meningkatkan mutu
sekolah.
Rencana
Pengembangan Sekolah (RPS) sangat perlu dimiliki oleh sekolah untuk memberi
arah dan bimbingan para pelaku sekolah dalam rangka untuk mecapai tujuan
sekolah dengan resiko yang kecil dan mengurangi ketidak pastian masa
depan.
Berdasarkan
informasi dan pengamatan langsung di lapangan, semua Kepala ........yang ada di
........, belum memahami dan belum mampu menyusun RPS, hal ini disebabkan
kurangnya informasi serta bimbingan yang mereka dapatkan dalam menyusun Rencana
Pengembangan Sekolah ( RPS ), oleh karena itu perlu dilakukan upaya peningkatan
kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun RPS melalui Workshop.
C.
Rumusan Masalah.
Berdasarkan
latar belakang masalah seperti diuraikan di atas maka masalah yang akan
diteliti adalah “ Bagaimana meningkatkan kemampuan Kepala ........dalam
menyusun RPS melalui workshop di ........?
D. Pemecahan Masalah.
Berbagai usaha
telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun RPS,
antara lain memperdalam pengetahuan tentang penyusunan RPS dan syarat syarat
penyusunan RPS yang baik dan benar. Namun fokus perbaikan yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah meningkatkan
kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun RPS melalui workshop. Melalui workshop
diberikan pembekalan dan bimbingan teknis penyusunan RPS untuk seluruh Kepala ........di
......... Pada proses perkembangan kemampuan menyusun RPS, dilakukan perbaikan
perbaikan terhadap draf – draf awal RPS. Dengan adanya umpan balik dari
fasilitator diharapkan ada motivasi sehingga kemampuan menyusun RPS dapat
ditingkatkan.
E. Tujuan dan manfaat Penelitian.
Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan
manfaat sebagai berikut : (1) Peningkatan kemampuan Kepala Sekolah dalam
menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) sebagai tuntutan oprasional dalam
penyelenggaraan sekolah. (2) Dengan
disusunnya RPS oleh Kepala Sekolah diharapkan apa yang menjadi tujuan sekolah
bisa tercapai. (3) Sekolah memiliki RPS yang sesuai dengan siuasi dan kondisi
sekolah masing masing.
ATAU HUBUNGI KAMI