BAB
I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Mata pelajaran matematika di sekolah
dasar merupakan salah satu program pembelajaran yang bertujuan untuk
mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan didalam kehidupan
yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara
logis, rasional, kritis, cermat, jujur, dan efektif.
Selain membina perubahan dan harapan
kehidupan pada anak, juga mempersiapkan siswa agar menggunakan matematika dan
pola pikir matematika dalam kehidupan seari hari, dan dalam mempelajari
berbagai ilmu pengetahuan.
Pentingnya pembelajaran matematika
disekolah dasar juga dituangkan dalam GBPP matematika SD, bahwa pengajaran
matematika di SD dapat menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan berhitung
(Menggunakan Bilangan) sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari.
Keberhasilan pembelajaran matematika
ditentukan oleh bagaimana guru merencanakan, melaksanakan dan menilai dan
tujuan yang telah ditetapkan.
Metematika berfungsi untuk mengembangkan
kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan menggunakan rumus matematika
sederhana yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui materi mengenal
segi tiga, segi empat, dan lingkaran.
Salah
satu tujuan pembelajaran matematika di SD adalah melatih cara berfikir dan
bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melalui kegiatan-kegiatan
penyelidikan, eksplorasi, eksperimen, menunjukkan kesamaan, perbedaan,
konsisten dan inkonsisten dan mengembangkan aktifitas kreatif yang melibatkan
imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen,
orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan, mencoba-coba serta
kemampuan memecahkan masalah. Menurut Jean Peaget dan teman-temannya
menunjukkan bahwa anak tidak bertindak dan berfikir sama seperti orang dewasa
lebih-lebih dalam pembelajaran matematika di SD, suatu yang abstrak dapat saja
dipandang sedrhana menurut kita yang sudah formal, namun dapat saja menjadi
sesuatu yang sulit dimengerti oleh anak yang belum formal. Dengan latar
belakang di atas, maka penulis mengambil judul “penerapan metode variasi untuk meningkatkan prestasi belajar mata
pelajaran matematika pada siswa Kelas III
SDN ………………… Tahun Pelajaran …………..”
- Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas maka dapat dibuat rumusan masalah yaitu Apakah metode
bervariasi dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika Kelas III
semester II SDN ........... Kecamatan
................. - Kabupaten ....................... ?
- Tujuan Penelitian
Berdasarkan
Rumusan Masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
metode bervariasi dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika
Kelas III semester II SDN ........... Kecamatan
................. - Kabupaten .......................?
- Manfaat Penelitian
a.
Bagi Kepala Sekolah : Sebagai sarana pembinaan kepada guru guru bidang eksakta
untuk mempertimbangkan penggunaan berbagai metode.
b.
Bagi
guru bidang studi eksakta : Sebagai
sarana untuk meningkatkan hasil proses belajar mengajar bidang studi eksakta.