BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Akhir dari rangkaian proses belajar mengajar adalah
tes akhir suatu mata pelajaran yang dilakukan melalui tes formatif, tes akhir
cawu, tes akhir semester atau tes ujian kenaikan kelas bagi siswa kelas enam sekolah
dasar. Di dalam menghadapi tes ujian kenaikan kelas bagi siswa Kelas ……………….
sekolah dasar perlu adanya refreshing
terhadap materi ajar yang telah diterima oleh siswa selama mengikuti proses
belajar mengajar.
Bagaimanakah caranya agar siswa tidak melupakan materi
pelajaran yang telah diterimanya agar siswa nantinya siap menghadapi ujian
kenaikan kelas yang siap atau tidak siap harus mereka hadapi. Bagaimanakah
membuat suatu materi ajar agar agar tidak terlupakan oleh anak didik. Dalam hal ini guru harus mencari metode untuk
mengingatkan segala memori di benak siswa yang telah mereka terima. Guru harus
bisa membangkitkan kembali memori itu.
Salah satu metode pengajaran yang bisa membuat anak
bisa dan harus mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka terima
adalah cara belajar aktif model pembelajaran meninjau ulang kesulitan pada
materi pelajaran.
Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa
sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar
yang hanyalah kegiatan belajar aktif.
Agar belajar manjadi aktif, siswa harus mengerjakan
banyak sekali tugas. Mereka haru menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan
masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit,
menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan
tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud).
Bertitik tolak dari latar belakang permasalahan
tersebut di atas maka dalam penelitian
ini penulis mengambil judul “ Upaya
Membantu Siswa Mengingat Kembali Materi Pelajaran Matematika Lewat Metode
Belajar Aktif Model Meninjau Kembali Kesulitan Materi Pelajaran Pada Siswa
Kelas …………………………………….. Tahun Pelajaran ....”.
B. Permasalahan
Berdasarkan pada
latar belakang tersebut, maka masalah yang timbul dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1.
Bagaimanakah tingkat penguasaan materi pelajaran
Matematika siswa Kelas ………………………………………. Tahun Pelajaran ....?
2.
Bagaimanakah tingkat penguasaan materi pelajaran
Matematika yang telah diterima siswa dalam menghadapi ujian kenaikan kelas?
- Bagaimanakah pengaruh metode belajar aktif model
meninjau kembali pada materi pelajaran dalam mengingatkan kembali materi
pelajaran matematika yang telah dipelajari pada siswa Kelas ……………………………………….Tahun
Pelajaran ....?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini
bertujuan untuk:
- Mengetahui tingkat pengusasaan materi pelajaran
matematika yang telah dipelajari pada siswa Kelas ………………………..Tahun
Pelajaran .....
- Mengetahui pengaruh metode belajar aktif model
meninjau kembali kesulitan pelajaran matematika pada siswa Kelas
………………………………… Tahun Pelajaran .....
D. Hipotesis Tindakan
Berdasarkan pada permasalahan
dalam penelitian tindakan yang berjudul ……………………………. yang dilakukan oleh
peneliti, dapat dirumuskan hipotesis tindakan sebagai berikut:
"Jika
Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas ………………. menggunakan metode………………. dalam
menyampaikan materi pembelajaran, maka dimungkinkan minat belajar dan hasil
belajar siswa kelas …………………… akan lebih baik dibandingkan dengan proses belajar
mengajar yang dilakukan oleh guru sebelumnya".
ATAU HUBUNGI KAMI